Apa hubungan dan keterkaitan Interaksi Manusia dan
Komputer (IMK) dengan bidang ilmu ..?
Ilmu Komputer dan Teknik Elektronika.
Ilmu komputer adalah studi sistematik tentang proses algoritmik yang menjelaskan dan menstransformasikan informasi, baik itu berhubungan dengan teori-teori, analisis, desain, efisiensi, implementasi, ataupun aplikasi-aplikasi yang ada padanya. Bidang ini berperan memberikan kerangka kerja untuk dapat merancang sistem HCI.
1. Matematika
Matematika (dari bahasa
Yunani: μαθηματικά – mathēmatiká) adalah studi besaran, struktur, ruang, dan perubahan. Para matematikawan mencari
berbagai pola,
merumuskan konjektur baru, dan membangun kebenaran melaluimetode
deduksi yang kaku dari aksioma-aksioma dan definisi-definisi yang
bersesuaian.
Matematika adalah topik dalam pendidikan Amerika di
mana siswa tertinggal rekan-rekan internasional mereka, namun itu adalah sebuah
blok bangunan penting untuk berkinerja tinggi karir di bidang sains, komputer,
dan rekayasa. Sistem bimbingan cerdas telah membantu untuk mempersempit
kesenjangan ini dengan menyediakan siswa dengan kesempatan untuk mempraktekkan
pemecahan masalah dan menerima umpan balik rinci sepanjang jalan, membiarkan
mereka bekerja pada kecepatan mereka sendiri dan berlatih konsep tertentu. Sebelum
pekerjaan ini, tutor cerdas untuk matematika telah terbukti meningkatkan
kinerja siswa satu standar deviasi di atas instruksi-kelas tradisional
[35]. Disertasi ini membahas cara-cara untuk meningkatkan efek ini melalui
penggunaan modalitas input alternatif, khususnya: input tulisan tangan, dan
menyelidiki dampak pada belajar dalam domain dari persamaan aljabar pemecahan.
Jadi hubungan matematika dengan interaksi
manusia dan komputer adalah suatu contoh pembuatan software haruslah
efisien dalam perhitungan matematika. Jika suatu software bisa dijalankan oleh
semua orang yang baru belajar maupun pakar, unsur kemudahan dalam segi
hitungan matematika akan membuat softwaretersebut disukai oleh banyak
orang. Jika software menggunakan aspek matematika secara efisien maka softwer tersebut
dapat di gunakan secara maksimal dengan pengguna dan menghasilkan hasil yang
optimal.
2. Ergonomi
merupakan ilmu yang menitikberatkan pada pembahasan
mengenai manusia sebagai elemen utama dalam suatu sistem kerja. Banyak
definisi tentang ergonomi yang dikeluarkan oleh para pakar di bidangnya, antara
lain sebagai berikut:
·
Manuaba.
Ergonomi adalah ”Ilmu” atau pendekatan
multidisipliner yang bertujuan mengoptimalkan sistem manusia-pekerjaannya,
sehingga tercapai alat, cara dan lingkungan kerja yang sehat, aman, nyaman, dan
efisien (Manuaba, A., 2005).
·
Iftikar Z. Sutalaksana.
Iftikar Z. Sutalaksana dalam bukunya yang berjudul
“Teknik Tata Cara Kerja” menuliskan bahwa ergonomi adalah suatu cabang ilmu
yang sistematis untuk memanfaatkan informasi-informasi mengenai sifat,
kemampuan, dan keterbatasan manusia untuk merancang suatu sistem kerja sehingga
orang dapat hidup dan bekerja pada sistem itu dengan baik, yaitu mencapai
tujuan yang diinginkan melalui pekerjaan itu dengan efektif, aman, dan nyaman
(Sutalaksana, 1979).
3. Antropologi
adalah salah satu cabang ilmu sosial yang mempelajari tentang budaya masyarakat suatu etnis tertentu. Antropologi lahir atau muncul berawal dari ketertarikan orang-orang Eropa yang melihat ciri-ciri fisik, adat istiadat, budaya yang berbeda dari apa yang dikenal di Eropa.
Antropologi lebih memusatkan pada penduduk yang merupakan masyarakat tunggal, tunggal dalam arti kesatuan masyarakat yang tinggal daerah yang sama, antropologi mirip seperti sosiologi tetapi pada sosiologi lebih menitik beratkan pada masyarakat dan kehidupan sosialnya.
4. Linguistik
merupakan cabang ilmu yang mempelajari tentang
bahasa. Untuk melakukan dialog diperlukan sarana komunikasi yang memadai berupa
suatu bahasa khusus, misal bahasa grafis, bahasa alami, bahasa menu, bahasa
perintah, dan lain sebagainya.
5. Sosiologi
berasal dari bahasa Latin yaitu Socius yang berarti
kawan, teman sedangkan Logos berarti ilmu pengetahuan. Ungkapan ini
dipublikasikan diungkapkan pertama kalinya dalam buku yang berjudul “Cours De
Philosophie Positive” karangan August Comte (1798-1857).
Walaupun banyak definisi tentang sosiologi namun umumnya sosiologi dikenal sebagai ilmu pengetahuan tentang masyarakat.Masyarakat adalah sekelompok individu yang mempunyai hubungan, memiliki kepentingan bersama, dan memiliki budaya. Sosiologi hendak mempelajari masyarakat, perilaku masyarakat, dan perilaku sosial manusia dengan mengamati perilaku kelompok yang dibangunnya. Sebagai sebuah ilmu, sosiologi merupakan pengetahuan kemasyarakatan yang tersusun dari hasil-hasil pemikiran ilmiah dan dapat di kontrol secara kritis oleh orang lain atau umum.
Sosiologi berkaitan dengan studi tentang pengaruh sistem manusia-komputer dalam struktur sosial. Adanya kekhawatiran sementara orang tentang akan di PHK-nya mereka atau disingkirkannya mereka dari kantor mereka karena adanya otomatisasi kantor sering menjadi bahan yang menarik untuk didiskusikan.
Walaupun banyak definisi tentang sosiologi namun umumnya sosiologi dikenal sebagai ilmu pengetahuan tentang masyarakat.Masyarakat adalah sekelompok individu yang mempunyai hubungan, memiliki kepentingan bersama, dan memiliki budaya. Sosiologi hendak mempelajari masyarakat, perilaku masyarakat, dan perilaku sosial manusia dengan mengamati perilaku kelompok yang dibangunnya. Sebagai sebuah ilmu, sosiologi merupakan pengetahuan kemasyarakatan yang tersusun dari hasil-hasil pemikiran ilmiah dan dapat di kontrol secara kritis oleh orang lain atau umum.
Sosiologi berkaitan dengan studi tentang pengaruh sistem manusia-komputer dalam struktur sosial. Adanya kekhawatiran sementara orang tentang akan di PHK-nya mereka atau disingkirkannya mereka dari kantor mereka karena adanya otomatisasi kantor sering menjadi bahan yang menarik untuk didiskusikan.
Sosiologi Mempelajari tingkah laku manusia di dalam kontak sosial. Sebagai contoh :
· Bagaimana tigkah laku seseorang mempengaruhi yang lain;
·
Pengaruh dari suatu grup kepada
anggotanya sikap dan perilaku / tingkah laku;
·
Pengaruh dari seorang anggota kepada
aktivitas grupnya dan struktur;
·
Hubungan antara struktur dan aktivitas
dari grup yang berlainan.
6. Perancangan grafis desain dan tipografi.
6. Perancangan grafis desain dan tipografi.
Sebuah gambar dapat bermakna sama dengan seribu
kata. Gambar dapat digunakan sebagai sarana dialog yang cukup efektif antara
manusia & komputer.
Desain biasa diterjemahkan sebagai seni terapan,
arsitektur, dan berbagai pencapaian kreatif lainnya. Dalam sebuah kalimat, kata
“desain” bisa digunakan baik sebagai kata benda maupun kata kerja. Sebagai kata
kerja, “desain” memiliki arti “proses untuk membuat dan menciptakan obyek
baru”. Sebagai kata benda, “desain” digunakan untuk menyebut hasil akhir dari
sebuah proses kreatif, baik itu berwujud sebuah rencana, proposal, atau
berbentuk obyek nyata.
7. IntelijenBuatan
(Artificial Intelligence)
merupakan kecerdasan atau kemampuan dari manusia yang diterapkan pada sebuah entitas buatan. Biasanya sistem seperti ini dikenal sebagai komputer. Komputer pada awalnya digunakan hanya untuk melakukan operasi hitung. Namun dengan berkembangnya pikiran manusia serta kecerdasan manusia komputer dapat melakukan kegiatan kegiatan yang bisa dilakukan oleh manusia.
8. Psikologikognitif
adalah salah satu cabang dari psikologi dengan pendekatan kognitif untuk memahami perilaku manusia. Psikologi kognitif mempelajari tentang cara manusia menerima, mempersepsi, mempelajari, menalar, mengingat dan berpikir tentang suatu informasi.
9. Philosophy
(filsafat)
adalah studi tentang masalah umum dan mendasar, seperti yang berhubungan dengan eksistensi ,pengetahuan ,nilai ,akal,pikiran ,dan bahasa sehingga dapat berperan untuk memberikan landasan filosofik dalam memahami berbagi konsep bagi penerapan interaksi manusia dan komputer.
10. Engineering (teknik)
yaitu disiplin, seni, keterampilan, profesi dan teknologi memperoleh dan menerapkan ilmu pengetahuan, matematika, ekonomi pengetahuan, sosial, dan praktis, untuk merancang dan membangun struktur, mesin, perangkat, sistem, bahan dan proses . dengan menguasai Teknik-teknik yang dapat digunakan dalam perancangan user interface agar lebih efektif.
Suatu produk / program yang dibuat membutuhkan petunjuk manual agar orang yang belum biasa menggunakan produk tersebut bisa mempelajari lebih dahulu sehingga dapat terjadi interaksi yang baik antara orang itu dengankomputer.
Pembuatan suatu produk atau software haruslah efisien dalam perhitungan matematika, Jika software bisa dijalankan oleh semua orang baik yang baru belajar maupun yang sudah pakar unsur kemudahan dalam segi hitungan matematika akan membuat software itu disukai oleh banyak orang.
Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.
BalasHapusKomentar ini telah dihapus oleh pengarang.
BalasHapusterima kasih yang dibahas sangat bermanfaat
BalasHapusMyblog
Thanks gan artikelnya keren
BalasHapusKunjungi juga Disini gan blognya
terima kasih pembahasan materinyanya mudah dimengerti kunjungi juga
BalasHapusbyblog
baguus gan sangat membantu saya dalam membuat tugas
BalasHapusdisini linknya
Trima kasih Blog ini membantu saya dalam belajar HCI
BalasHapusMy Blog
Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.
BalasHapusmantap gan
BalasHapusvisit balck gan lecture ubd